Quentin Tarantino, Sutradara Cerdas yang Tidak Pernah Gagal! 

Quentin Tarantino adalah sutradara, penulis naskah, dan actor yang berasal dari Amerika Serikat. Film nya yang identic dengan dialog, darah, soundtrack yang mengesankan, plot yang unik, dan kekerasan menjadi ciri khas nya menjadi seorang sutradara. Sampai saat ini, Tarantino telah membuat 9 film yang selalu mendapat ulasan positif dari banyak penggemar film. Ia memulai karirnya di film panjang mulai dari Reservoir Dogs yang dirilis pada tahun 1992 dan mendapat peringkat 98 pada “Top 250 Movies IMDB”.

Kali ini, kita akan membahas peringkat film terbaik Quentin Tarantino menurut IMDB, mulai dari yang terendah hingga tertinggi:

1.     Death Proof (2007) – 7.0/10

Dari semua film Tarantino, Death Proof adalah film yang paling tidak spektakuler, Tarantino sendiri menganggap film ini adalah karya terburuknya. Film ini bercerita tentang Kurt Russel sebagai maniak pembunuh yang membunuh wanita muda di mobil “Death Proof” -nya, film ini memiliki kilasan singkat kecemerlangan tetapi sedikit terganggu oleh momen-momen tidak penting yang tidak memiliki tujuan untuk narasi besar.

2.    Jackie Brown (1997) – 7.5/10

Sebuah penghormatan kepada film-film blaxploitation tahun 70-an, Jackie Brown adalah salah satu karya Tarantino yang lebih dikenal dan pantas mendapat pengakuan lebih. Sementara film ini mungkin dimulai dengan kecepatan yang relatif lambat, dimana kecepatannya meningkat di babak kedua untuk membuat perjalanan yang menghibur.

3.     Once Upon a Time in Hollywood (2019) – 7.7/10

Film terbaru oleh Quentin Tarantino adalah drama bertempo lambat yang memungkinkan sutradara untuk mengeksplorasi berbagai aspek teknik penyutradaraan. Menempatkan penekanan lebih besar pada interaksi dari waktu ke waktu dan tempo cerita yang berjalan lambat. Tentu saja, itu tidak akan menjadi film Tarantino tanpa aksi-aksi yang menegangkan, dan adegan-adegan yang penuh adrenaline.

4.     The Hateful Eight (2015) – 7.8/10

The Hateful Eight adalah film genre Thriller oleh Tarantino. Kurt Russel kembali hadir disini dengan kondisi ia dan 7 orang lainnya terjebak dalam badai salju. Satu persatu kejanggalan dan konflik yang muncul di dalam kabin kayu menuntun kepada ending yang tidak pernah kita duga. Film ini menggabungkan narasi yang sangat baik bercampur dengan plot misteri yang ada membuat kita selalu was-was ketika menontonnya.

5.     Kill Bill: Vol. 2 (2004) – 8.0/10, Kill Bill; Vol 1 (2003) 8.1/10

Seri Kill Bill adalah kisah yang bagus tentang Beatrix “The Bride” Kiddo saat dia membangkitkan neraka untuk membalas dendam pada orang-orang yang merusak pernikahannya dan membunuh orang-orang sekitarnya, sebelum meninggalkan mereka untuk mati.

Masih melanjutkan balas dendamnya. Bagian kedua dari cerita ini berkaitan dengan Beatrix ketika menangani anggota yang tersisa dari musuh-musuhnya. Hingga akhirnya ia bertemu final boss Bill yang ternyata memiliki sesuatu yang disembunyikan.

6.     Inglourious Basterds (2009) – 8.3/10

Sebuah film perang yang mengambil perspektif unik tentang Perang Dunia II dan pembunuhan Hitler. Inglourious Basterds adalah mahakarya sinema dengan menunjukkan segala sesuatu yang terkenal dengan Tarantino dalam hal penyutradaraannya. Dengan jajaran artis bertabur bintang dan plot yang diluar nalar, film ini menjadi salah satu film bertema Perang Dunia II terbaik.

7.     Reservoir Dogs (1992) – 8.3/10

Orang-orang yang tidak tahu tentang gaya penyutradaraan Tarantino terpapar pada berbagai aspek arahannya yang sejak itu menjadi pokok keahliannya. Kekerasan serampangan, dialog cerdas, dan alur cerita nonlinier yang memungkinkan penonton mengisi kekosongan ditampilkan penuh di Reservoir Dogs. Film ini membuat perjalanan yang sangat baik melalui plot twist yang ada di akhir film ini sehingga penonton merasakan penyesalan yang tidak akan pernah terlupakan.

8.     Django Unchained (2012) – 8.4/10

Sebuah penghargaan untuk Spaghetti Western yang memberi penghormatan dengan cara paling keren dan menghibur. Django Unchained tidak diragukan lagi karena menjadi salah satu karya terbesar Tarantino dengan pertunjukan menggetarkan oleh Jamie Foxx, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio, dan Samuel L. Jackson yang menghidupkan film ini.

9.    Pulp Fiction (1994) – 8.9/10

Tidak mungkin kita bisa membuat daftar film Tarantino terbaik dan tidak memiliki magnum opus-nya di bagian paling atas. Pulp Fiction tidak diragukan lagi karena menjadi salah satu film terbesar sepanjang masa. Kebanyakan orang setuju dengan fakta bahwa film ini cukup banyak mendefinisikan tahun 90-an dengan dialog, soundtrack, dan segal ke absurd an yang memorable. Film ini berada pada peringkat 8 Film terbaik di IMDB.

Menonton film karya Quentin Tarantino mungkin bisa menjadi salah satu cara kita menambah wawasan di dunia sinema. Seorang sutradara kelas dunia yang tidak pernah menyentuh sekolah film selama hidupnya, tetapi karyanya selalu menjadi perhatian. Tarantino pernah berkata:

“If you just love movies enough, you can make a good one.”

– Quentin Tarantino

Kalimat itulah yang menjadi salah satu motivasi saya untuk terus berkarya. 

Artikel ini ditulis oleh Farras Sabian Rahmadyatmaja, email: farassbn265@gmail.com

AVIKOM FILM

AVIKOM FILM

Leave a Reply

Jl. Babarsari, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
089517891709

avikom.upnyk@gmail.com