DIKSAR AVIKOM 2023 “CURIOSITY MAKE NOVELTY!”

“Diksar Avikom 2023”, salah satu ombak besar yang telah dilalui oleh kapal Avikom selama berlayar ini. Tidak hanya sekadar merupakan pendidikan latihan dasar, tetapi juga merupakan puncak dari perjalanan peserta baru Avikom dalam menggali potensi dan keberanian mereka. Tema “Curiosity Make Novelty!” yang diusung dalam Diksar Avikom 2023 menjadi pendorong utama bagi setiap peserta untuk menjelajahi batas-batas kemampuan mereka dan menemukan hal-hal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka ketahui. 

“Diksar Avikom 2023” melibatkan seluruh anggota aktif Avikom, dengan peserta baru dari program studi Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Masyarakat. Kemudian panitia pelaksana yaitu dari anggota aktif Avikom Angkatan 2022, berperan penting dalam menyelenggarakan dan memastikan kelancaran seluruh rangkaian kegiatan. Memiliki rentang waktu selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan Agustus dan berakhir pada bulan November, Diksar Avikom 2023 diselenggarakan dengan tujuan utama untuk mengembangkan potensi peserta dalam aspek teknis dan ide-ide kreatif, serta mendorong semangat eksplorasi dan inovasi. 

Melalui tema “Curiosity Make Novelty!”, rangkaian ini bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan membangkitkan rasa keingintahuan. Rangkaian ini diimplementasikan melalui berbagai sesi pelatihan, workshop, dan produksi film pendek. Metode pembelajaran tersebut digunakan untuk membangkitkan keaktifan peserta, sementara panitia berperan sebagai pendamping dan mentor dalam memandu proses pembelajaran dan kolaborasi tersebut

Sebagai ketua panitia Diksar Avikom 2023, saya tidak bisa lebih bangga melihat semangat, keingintahuan, dan kreativitas yang tumbuh dan berkembang di antara setiap peserta selama rangkaian acara ini. Diksar bukan hanya tentang menciptakan ahli dalam bidangnya, tetapi juga tentang membentuk individu yang berani menjelajahi, bertanya, dan menciptakan. Setiap wajah yang bersinar oleh semangat belajar ketika menemukan sesuatu yang baru, menjadi pelipur lara terbaik bagi setiap kendala yang mungkin timbul. Melihat peserta tidak hanya sebagai mahasiswa, tetapi sebagai pencari ilmu yang tak terbatas, memberikan warna tersendiri bagi Diksar Avikom 2023. Saat kami bersama-sama merancang dan melibatkan diri dalam suatu persoalan, kami membuktikan bahwa hasil terbaik tidak selalu datang dari usaha sebuah individu, tetapi dari kerjasama yang erat. 

Proyek membuat sebuah film pendek bukanlah hanya sebuah tugas, tetapi cermin dari kreativitas yang mengalir dalam setiap peserta. Terdapat 3 karya film pendek yang dihasilkan oleh para peserta Diksar Avikom 2023, yaitu berjudul “Muspra” yang disutradarai oleh Fauzan Zulfa. A, “Lamis” yang disutradarai oleh Farras Sabian. R, dan “Omben” yang disutradarai oleh Adryan Ahmad. S,  menjadi bukti bahwa keingintahuan dan keberanian untuk menciptakan sesuatu yang tidak terbatas oleh batasan apapun. Jejak ini bukan hanya menjadi kenangan Diksar Avikom 2023, tetapi dapat juga menjadi warisan yang inspiratif bagi generasi baru anggota Avikom yang akan datang. 

Seiring berakhirnya Diksar Avikom 2023, semangat yang tumbuh selama rangkaian ini tidak boleh pudar begitu saja. Mari kita pegang teguh semangat keingintahuan, keberanian, dan kreativitas ini. Sebagai panitia, kami selalu mengupayakan bersama-sama merawat dan menjaga semangat ini untuk tetap hidup. Dengan demikian, setiap peristiwa dan upaya kami dalam Diksar Avikom 2023 akan terus menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran besar, bukan hanya bagi kami saat ini, tetapi juga bagi generasi Avikom yang akan datang. Kami ucapkan selamat kepada setiap peserta atas pencapaian luar biasa kalian, dan banyak terima kasih kepada seluruh kakak-kakak anggota aktif dan alumni yang telah berbagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan mereka kepada kami. Keberhasilan acara ini tidak hanya menjadi prestasi peserta, tetapi juga mencerminkan dedikasi, kerja keras, dan dukungan yang luar biasa dari seluruh unsur yang ada di dalam Avikom. 

Artikel ini ditulis oleh Carneylika Kurnia Sarnie, email : neilsarnie@gmail.com

.

AVIKOM FILM

AVIKOM FILM

Leave a Reply

Jl. Babarsari, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
089517891709

avikom.upnyk@gmail.com