Merayakan Idul Fitri Di Tengah Pandemi

Spread the love

Setelah melaksanakan kewajiban berpuasa selama 30 hari, akhirnya kita mencapai hari Kemenangan. Hari raya Idul fitri atau yang biasa juga kita sebut lebaran dua tahun belakangan ini sungguh terasa berbeda. Hari kemenangan yang biasanya kita lakukan sebagai ajang untuk berkumpul bersama kerabat jauh sambil bermaaf-maafan kini harus direda terlebih dahulu karena karena adanya pandemi. Kondisi ini menyebabkan seluruh umat Islam di seluruh dunia harus rela kehilangan “tradisi megah tahunan hari raya”

Suasana Idul Fitri 1442 H ini kurang lebih masih sama seperti tahun lalu, pemerintah menganjurkan untuk melaksanakan idul fitri di rumah saja. Salat Ied bersama di masjid / lapangan pun kini harus dilakukan dirumah masing-masing guna mencegah penyebaran virus corona. Namun, terdapat beberapa masjid yang melaksanakan salat ied bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin.

Namun, hakikat kemenangan Idul Fitri tidaklah sirna seketika. Dengan adanya imbauan ”Lebaran di rumah saja” sama sekali tidak mengurangi esensi atau nilai-nilai dari perayaan hari raya. Tanpa sedikit pun mengurangi rasa hormat kita kepada saudara-saudara kita yang terdampak virus corona, bagaimanapun hari raya ini harus tetap kita rayakan bersama keluarga kita di rumah masing- masing dengan penuh sukacita.

Dengan tetap melaksanakan “Lebaran di rumah saja” kita telah membantu program pemerintah untuk mengurangi kenaikan angka virus corona ini. Jadilah umat yang baik dengan tidak memaksakan diri untuk melanggar aturan yang telah di tetapkan. Semoga pandemi segera berlalu sehingga kita bisa kembali dipertemukan melepas rindu dengan keluarga, saudara, dan teman di masa yang akan datang.

Avikom UPN Veteran Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.
Taqobalallah Mina Wa Minkum, Shiyamana wa shiyamakum, Sujudana wa sujudakum, Ruku’ana wa rukuakum.
Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ✨

Leave a Reply