How To Make Volumetric Lighting or Ray Of Light

Spread the love

Pencahayaan atau biasa disebut sebagai lighting merupakan unsur yang sangat penting dalam pembuatan film. Tanpa adanya pencahayaan, maka cerita yang akan dibuat tidak akan menarik. Bukan hanya ditujukan sebagai penerangan saja, namun, pencahayaan memiliki kekuatan lebih dalam sebuah film. Pemilihan gelap terang cahaya dalam frame akan membentuk sebuah komposisi yang mampu memberikan perhatian khusus dari penonton terhadap sebuah peristiwa dan objek.

Dalam Avikom Tutorial kali ini, Divisi Litbang Avikom berkesempatan untuk meneliti bagaimana cara membuat Volumetric Lighting atau Ray Of Light. Sebelum masuk ke tutorialnya, kalian udah pada tau belum nih apa itu Volumetric Lighting? Jadi, Volumetric Lighting atau Ray of Light merupakan teknik yang memanfaatkan karakteristik cahaya yang muncul melalui sela-sela dari awan dan benda lainnya. Untuk melihat pencahayaan ini, kondisi lingkungan atau tempat jatuhnya sinar harus berada pada latar belakang yang gelap. Ray of Light mudah diperolehi pada waktu pagi hari berkabut atau berasap dan juga sore hari.

Terdapat 2 cara membuat Volumetric Lighting yaitu:

  • Available Light

Cahaya yang telah tersedia secara alami dari lingkungan persekitaran. Filmmaker tidak mampu mengatur besar-kecil serta arah penyinaran cahaya tersebut. Seperti matahari, lampu kota, lampu panggung, lampu ruangan. Istilah ini juga disebut sebagai ambient light.

Contoh :

  • Artificial Light

Cahaya yang sengaja kita buat ketika kita sedang merekam sebuah video. Filmmaker boleh mengatur besar-kecil serta mengubah arah penyinaran dari cahaya tersebut. Contoh seperti lampu studio dan flash/ lampu kilat.

Contoh :

Tutorial menggunakan artificial light yaitu :

  1. Berikut beberapa hal yang diperlukan:
  • Lingkungan yang gelap atau minim cahaya
  • Gunakan Hard Light (cahaya terang tanpa di difuse)
  • Asap buatan atau kabut

2. Atur atau sorotkan lampu melalui sela-sela yang ada dengan dimmer lampu penuh

Note : bentuk cahaya harus spot (tidak melebar)

3. Berikan asap buatan ke sorotan lampu tersebut

4. Jadilah efek Volumetric Lighting atau Ray of Light

Sekian AVTUR singkat mengenai How To Make Volumetric Lighting atau Ray of Light. Jangan lupa untuk mencoba yaa. Jika terdapat pertanyaan maupun tanggapan dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini yaa Teman. Nantikan tutorial-tutorial selanjutnya yang dapat kalian baca di website Avikom, See ya!

Leave a Reply