AVTUR – Wireless Follow Focus

Spread the love

Perfilman memiliki estetika seni yang sangat penting, terutama dalam tingkat fokus atau blurnya suatu gambar yang ditangkap kamera atau banyak orang bilang bokeh. Perlu diperhatikan bahwa di beberapa produksi film terdapat jobdesc focus puller merupakan bagian dari tim yang bertanggung jawab atas fokusnya gambar dalam film agar jangan sampe terlewatkan fokusnya sehingga menyebabkan miss focus.

Pada Avikom Tutorial kali ini, Divisi Litbang Avikom berkesempatan untuk membuat Wireless Follow Focus vol.1 yang minim biaya dan dapat digunakan untuk produksi film. Berikut tutorial serta alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat Wireless Follow Focus kamera yang telah dibuat oleh tim Penelitian dan Pengembangan Avikom.

2x Arduino nano v3.0
Potensiometer 10k
m90s servo motor
Custom build gear 0.8
TP4056 Charger + Step Up Lithium Li-ion 18650 3.7V 4.2V Battery Boost
Lithium battrey (battrey charger)
Nrf241 2 buah modul

Cara Membuat:

  • Hubungkan kedua Arduino nano v3.0 dengan coding sebagai transmitter dan receiver.
  • Setelah coding selesai dan di upload di board Arduino, kemudian solder dan sambungkan modul Arduino ke alat alat dengan diagram seperti gambar dibawah ini.
  • Rangkai atau susun komponen ke dalam satu wadah.
Transmitter
Reciever
  • Cari gear mod 0.8 kemudian pasangkan ke mg90s servo motor.
  • Wireless follow focus siap digunakan.

Penggunaan Wireless Follow Focus DIY seperti ini berguna secara efektif pada batas antara 20 – 50 Meter. Jika lebih dari akan terdapat masalah seperti putaran knop yang tidak real-time antara transmitter dan receiver.

Selain itu kalian juga bisa menyewa Wireless Follow Focus DIY Avikom ini dengan mengecek Instagram @avikomcatalogue. Disana terdapat spesifikasi serta keterangan lainnya. Sekian AVTUR singkat mengenai How To Make Custom Wireless Follow Focus. Jangan lupa untuk mencoba yaa. Jika terdapat pertanyaan maupun tanggapan dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini yaa Teman. Nantikan tutorial-tutorial selanjutnya yang dapat kalian baca di website Avikom, See ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *