AVTUR – Cara Membuat LUT via Lightroom

Spread the love

Dalam proses mengedit film, color grading adalah bagian penting dari prosesnya. Bahkan bukan hanya film, pada masa sekarang ini semua orang menggunakan color grading untuk memberikan sentuhan warna yang sesuai dengan mood dari videonya. Color grading adalah proses koreksi warna pada gambar/video untuk meningkatkan nilai estetika dan kualitasnya . Color Grading digunakan lebih dari sekadar pewarnaan gambar. Color Grading ini disesuaikan dengan alur, tema, isi cerita, dan hal hal lain yang dapat memengaruhi suasana dalam film tersebut. Terdapat teknik yang dapat membuat kita mudah dalam color grading yaitu dengan bantuan lut. Namun sebelum menuju ke proses tersebut tentu kita harus membuat lut terlebih dahulu. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tutorial membuat lut menggunakan adobe lightroom.

Bagi kalian yang belum tau apa itu lut, lut ini bisa diartikan sebagai wadah yang menyimpan suatu informasi warna. Ketika kita memasukkan lut ke dalam footage kita maka secara otomatis footage kita akan memunculkan informasi warna dari lut yang kita miliki. Sebenarnya ketika kita berbicara mengenai lut, itu ada beberapa software untuk membuat suatu lut. contohnya adobe premiere, after effect, davinci resolve, dll. Tetapi untuk adobe lightroom, kita tidak bisa member lut secara langsung karena adobe lightroom akan menyimpan color grading yang kita buat dalam bentuk preset. Hal ini berbeda dengan format yang dimiliki oleh lut. Tapi jangan khawatir apabila kalian tetap ingin membuat lut menggunakan adobe lightroom. Ada sebuah software yang bernama IWLTBAP Lut Generator. Jadi lut generator ini akan mengkonversi lut dari lighttroom agar bisa digunakan di software lain seperti adobe premiere pro. Begini tutorialnya:

1. Persiapkan software/aplikasi IWLTBAP Lut Generator (untuk mengkonversi lut dari lighttroom agar bisa digunakan di software lain) dan footage foto yang akan kalian warna.

2. Buka aplikasi IWLTBAP Lut Generator lalu klik “Generate a HALD”

3. Pilih folder dimana kalian akan menyimpan generate-nya

4. Buka aplikasi Adobe Lightroom lalu import footage foto dan generate (yang sudah kalian buat di IWLTBAP Lut Generator).

5. Klik menu “develop” yang berada di sebelah kanan atas.

6. Setelah itu akan muncul 2 foto dipojok kiri bawah yaitu foto generate dan footage nya.

7. Lalu kalian pilih pada foto yang ingin kalian edit.

8. Atur warna (basic tone, HSL, Split Tonning) yang berada disebelah kanan sesuai dengan selera kalian.

9. Setelah itu klik kanan pada foto yang telah kalian beri warna kemudian klik “develop settings” lalu “copy settings”

10. Beri tanda ceklist pada pilihan yang telah kalian edit tadi lalu klik “copy”

11. Klik foto generate yang berada dipojok kiri bawah (sebelah foto yang telah kalian edit).

12. Lalu klik kanan kemudian klik “develop settings” lalu “paste settings”.

13. Pada menu task bar yang berada diatas pilih “file” kemudian “export”

14. Pilih folder dimana kalian akan menyimpan file nya kemudian klik “export”

15. Buka aplikasi IWLTBAP Lut Generator lalu klik “Convert to CUBE”

16. Pilih file yang telah kalian export tadi.

17. Setelah itu file akan otomatis ter konversi menjadi cube yang dapat kalian jadikan lut pada footage kalian.

18. Buka Adobe Premiere lalu siapkan footage kalian.

19. Pilih menu color yang ada pada bagian atas. Klik pada menu Input Lut > Browse

20. Pilih folder LUT yang telah kalian simpan lalu Open.

21. Maka LUT akan otomatis terpasang ke footage video kalian 🙂

Selain dengan adobe lightroom, terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat lut seperti adobe photoshop, premiere pro, 3d lut creator, davinci resolve, dan masih banyak lagi. Baiklah, cukup sekian AVTUR mengenai teknik pembuatan lut via adobe lightroom kali ini. Jangan lupa untuk mencoba serta memberikan tanggapan dan hasil kalian pada kolom komentar dibawah, nantikan tutorial-turorial lainnya yang dapat kalian lihat pada website ini, see ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *