Kepengurusan Avikom 2020/2021 – Bergerak Cepat Tapi Cermat!

Spread the love

Bulan berganti tahun, menandakan bergantinya roda kemudi kapal Avikom. Nama-nama baru  bermunculan guna meneruskan alur pelayaran sebelumnya. Banyaknya rintangan serta halangan yang menghadang tentulah harus siap kami hadapi. Maka dari itu bersama awak kapal pilihan, kami satukan visi dan misi untuk kembali mengarungi luasnya samudera.

Berikut sosok-sosok pemegang kendali di Kepengurusan Avikom 2020/2021:

1. Ketua Umum

Kapten             : L.C Wijayanto Tulus Manalu

Memimpin, mengkoordinasikan, serta mengendalikan jalannya Avikom merupakan tanggungjawab seorang ketua umum. Linus Christian Wijayanto Tulus Manalu atau kerap disapa Tulus, merupakan sosok yang dipercayai menjadi Ketua Umum Avikom periode 2020/2021. Pria kelahiran Bengkulu ini mempunyai pengetahuan kepengurusan Avikom selama 1 periode di Divisi Karya staff bagian Database. Selain itu, pengalamannya sebagai Ketua Diksar Avikom 2018 membuatnya diperhitungkan kembali untuk memimpin jalannya Avikom selama 1 tahun kedepan. Sosoknya yang ceria tetapi tegas dan percaya diri ini, dapat merangkul sekaligus menjadi pemimpin yang disegani anggota Avikom. Beragam pengetahuan dan keterampilan Tulus baik dari organisasi maupun segi audio visual, membuatnya mampu menempatkan diri disegala macam situasi. Cita-cita, tujuan, mimpi, serta keinginan-keinginan di Avikom akan menjadi bekal Tulus dalam memimpin pelayaran periode ini. Dengan semangatnya kami dapat mengarungi serta mengibarkan kembali bendera Avikom di lautan yang luas ini.

2. Sekretaris Jenderal

Sekjend            : Panji Salman Firdaus

Panji Salman Firdaus, tentu namanya tidak asing terdengar baik di lingkungan Jurusan Komunikasi maupun dalam Avikom. Dalam 2 periode kepengurusan sebelumnya, Panji mengemban tanggung jawab sebagai Divisi Humas staff bagian Eksternal. Kepiawaiannya dalam mencari relasi-relasi baru untuk Avikom, serta kedekatannya dengan anggota aktif dan kakak-kakak Avikom membuatnya dipercaya untuk menjadi Sekretaris Jenderal kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Semangat loyal, total, dan konsisten dalam diri Panji sudah tertanam dengan sangat baik. Sikapnya yang selalu terbuka terhadap segala sesuatu serta pemikirannya yang idealis menjadi nilai tambah di mata anggota aktif. Mendampingi Tulus di periode ini, kami yakin Panji mampu untuk mengobarkan semangat dalam menggerakkan kapal Avikom.

3. Sekretaris

Sekretaris I       : Yeni Ana Redita

Sekretaris II     : Rafika Ilma Rizkyana

Ketegasan perempuan yang satu ini tentu tidak usah dipertanyakan. Yeni Ana Redita akrab di sapa Jenny, dipercaya Tulus menjadi Sekretaris Umum kepengurusan Avikom periode 2020/2021.Pengalaman kepengurusan sebelumnya pada Divisi Karya staff bagian Distribusi membuatnya memiliki sikap displin dan tanggung jawab yang besar. Kemampuannya dalam pendataan serta rekap notulensi menjadi bekal dalam menjalani tugasnya di periode ini. Selain itu, Jenny juga beberapa kali berkesempatan untuk mengikuti produksi di luar Avikom.

Tentu saja Jenny tidak sendirian dalam kepengurusan ini. Ia dibantu oleh Rafika Ilma Rizkyana sebagai Sekretaris II. Memiliki pengalaman menjadi Sekretaris II di periode sebelumnya, membuat Ilma menjadi paham workflow dalam merekap notula kepengurusan serta agenda kegiatan-kegiatan Avikom. Dengan Jenny dan Ilma di posisi Sekretaris, kami harap mereka dapat selalu menjaga kinerjanya serta terus memberikan energi positif kepada seluruh anggota Avikom.

4. Bendahara

Bendahara  I     : Fatihah Nur Fauziyyah

Bendahara II    :  Leana Tresna Kartika

Tercatat menjadi Bendahara 2 di periode sebelumnya, membuat Fatihah Nur Fauziyyah dipercaya untuk naik menjadi Bendahara Umum kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Ketelitian serta kemampuannya dalam pengelolaan keuangan menjadi salah satu kelebihannya. Di Kepengurusan ini, Ziyya memiliki tanggung jawab untuk mendisplinkan anggota aktif dalam hal tertib nota agar pencairan uang Avikom dapat selalu tercatat. Selain itu, Ziyya juga bertugas untuk merekap segala pengeluaran dan pemasukan keuangan Avikom.

Selain itu, terdapat bendahara II yang bertugas untuk mencatat uang iuran rapat pengurus serta bertanggung jawab dalam program kerja Avikom Menabung. Ziyya mempercayai Leana Tresna Kartika untuk mendampinginya dalam kepengurusan periode ini. Memiliki pengalaman di periode sebelumnya sebagai Divisi Usaha Dana staff bagian Akuntan, membuat Leana menjadi sangu leana dalam mengemban tanggung jawab ini. Pada mereka berdua, kami percaya pemasukan dan pengeluaran Avikom dapat terdata dengan baik.

5. Divisi Karya

Kepala Divisi                  : Ronald Parman Olopan Napitupulu

Memiliki pengalaman menjadi Divisi Karya staff bagian Screening membuat Ronald memiliki semangat berkarya yang tinggi. Hal inilah yang membuat Tulus mempercayai Ronald untuk menjadi Kepala Divisi Karya di kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Memiliki sikap yang bertanggung jawab serta penuh pertimbangan dalam segala sesuatu menjadikan Ia berani bercita-cita agar dapat meningkatkan, memproduksi, serta memutarkan karya-karya Avikom menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk mencapai harapan ini, tentu saja Ronald tidak bekerja sendiri.

Berikut staff Divisi Karya kepengurusan Avikom periode 2020/2021.

  • Staff  bagian Produks  : Hasan Abdurrahman Sindutomo
    Bertanggung jawab dalam setiap produksi di Avikom, mulai dari pra-produksi hingga post-produksi.
  • Staff bagian Distribusi : Anastasia Salsa Dianthea
    Bertanggung jawab mendistribusikan karya-karya audio visual (film hingga video lepas) Avikom ke festival ataupun kompetisi, baik dalan negeri maupun internasional.
  • Staff bagian Screening : Riyadh Syihabuddin
    Bertanggung jawab dalam kegiatan screening Avikom, baik di dalam maupun luar Avikom.
  • Staff bagian Database  : Muhammad Refa Avicena
    Bertanggung jawab untuk mengelola database karya Avikom

6. Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Kepala Divisi                            : Mohammad Afifuddin

Sosok berikutnya yaitu Mohammad Afifuddin yang dipercaya Kapten untuk menjadi Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Memiliki rasa ingin tahu dan kemauan belajar yang tinggi,  membuat Uddin ingin memaksimalkan kemampuan dari anggota aktif Avikom. Berbekal kepengurusan sebelumnya menjadi Divisi Litbang staff bagian pelatihan umum, Ia memiliki tanggung jawab yang besar dalam  melatih diklat lanjut anggota aktif angkatan kecil. Dengan banyaknya tugas yang diemban, Uddin memiliki teman yang membantunya di kepengurusan kali ini.

Berikut staff  Divisi Penelitian dan Pengembangan kepengurusan Avikom periode 2020/2021.

  • Staff  bagian Pengembangan      : Hanif Panji Prasetya
    Bertanggung jawab dalam mengurus responsi anggota aktif.
  • Staff bagian Penelitian   : Satrio Miharja
    Bertanggung jawab dalam pembuatan alat untuk penunjang wawasan dan keterampilan anggota aktif Avikom dan juga sebagai pembelajaran eksternal atau internal.
  • Staff bagian Pelatihan    : Giga Cahyo Baskoro
    Bertanggung jawab dalam pelatihan diklat lanjut anggota aktif Avikom angkatan 2019.
  • Staff bagian Produksi                : Dzaki Ghufron Fauzan
    Bertanggung jawab untuk mengadakan Retro (Research to Production) dan show for production yaitu dari apa yang akan atau sudah dilakukan oleh litbang dipublikasikan kepada anggota aktif Avikom dan khalayak umum

7. Divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS)

Kepala Divisi                                          : Maria Uri Kristina

Beragam pengalaman yang dimiliki Maria Uri Kristina, baik menjadi staff divisi Hubungan Masyarakat diberbagai event maupun menjadi pengurus Divisi Humas staff bagian Internal periode sebelumnya membuatnya paham bagaimana cara kerja divisi ini. Hal inilah yang membuat Kapten memilih Uri untuk menjadi Kepala Divisi Hubungan Masyarakat kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Sifatnya yang selalu ceria, supel, serta mudah akrab dengan orang inilah yang menjadi kunci untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal Avikom. Disamping itu, sosoknya yang aktif diberbagai kegiatan juga merupakan poin lebih diantara yang lain. Kini jalur relasi Avikom berada di tangannya. Dengan bantuan dari teman-teman terpilihnya kami percaya bahwa Avikom dapat kembali merentangkan sayapnya agar lebih dikenal secara luas.  

Berikut staff Divisi Hubungan Masyarakat kepengurusan Avikom periode 2020/2021.

  • Staff bagian Internal                  : Ken Ayu Pitaloka      
    Bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan Internal Avikom dan Internal Jurusan Ilmu Komunikasi.
  • Staff bagian Eksternal               : Maria Cicilya Sitindaon
    Bertanggung jawab dalam hubungan pihak luar Avikom, Kine Universitas lain, dan pihak eksternal lainnya serta menambah relasi dan jaringan serta membawa nama baik Avikom.
  • Staff bagian Media sosial          : Malida Zulfanizahra Riski
    Bertanggung jawab dalam membuat konten-konten menarik tentang Avikom di sosial media Avikom baik Instagram, Twitter, Facebook, OA Line.
  • Staff bagian Redaksional & Database                    : Inge Maharani 
    Bertanggung jawab dalam menulis artikel mengenai Avikom ataupun dunia audio visual dan mengumpulkan dokumentasi disetiap kegiatan yang ada di Avikom.
  • Staff bagian Website                  : Annissa Finnuala Aprilia
    Bertanggung jawab dalam pengoperasian website Avikom.

8. Divisi Usaha Dana (USDA)

Kepala Divisi                            : Ari Findita

Kemampuan serta kinerjanya yang semakin meningkat membuat Kapten memilih Ari Findita menjadi Kepada Divisi Usaha Dana kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Di periode kepengurusan sebelumnya, Dita memiliki pengalaman dalam Divisi Usaha Dana staff bagian Produksi. Beragam inovasi baru haruslah mampu dibuat untuk dapat kembali mensejahterakan kapal. Dita memiliki dedikasi yang sangat tinggi untuk memajukan dan memberikan pemasukan bagi Avikom. Dalam mencapai cita-citanya tentu saja Ia harus dibantu oleh teman-teman satu visinya.

Berikut staff Divisi Karya Usaha Dana Avikom periode 2020/2021.

  • Staff bagian Produksi                : M. Ilham Sulistyawan
    Bertugas memproduksi seluruh merchandise internal maupun eksternal Avikom, juga mencatat setiap pembelian merchendise tersebut.
  • Staff bagian Pemasaran : Eleonora Raras Nirwesthi
    Bertugas mendesain untuk melaukan pemasaran produk-produk merchandise maupun persewaan alat melalui media sosial Avikomcatalogue.
  • Staff bagian Avimart                       : Anisha Ashshofa Rafli
    Bertugas untuk belanja dan mencatat pemasukan avimart setiap harinya, mengikuti keinginan pasar dalam penjualan jajanan avimart.
  • Staff bagian Akuntan                 : Azzahra Aulia D
    Bertugas melakukan pembukuan atas keluar dan masuknya uang pada divisi usaha dana.

9. Divisi Kesekretariatan (KSK)

Kepala Divisi                                        : Bunga Chairunnisa

Salah satu Perempuan tangguh di Avikom yang memiliki pengalaman kepengurusan yang tidak perlu diragukan lagi. Bunga Chairunnisa, namanya sudah dua kali tertulis dikepengurusan sebelumnya dalam Divisi Kesekretariatan staff bagian Administrasi. Tentu saja tak perlu diperdebatkan lagi, jika Kapten memilihnya menjadi Kepala Divisi Kesekretriatan kepengurusan Avikom periode 2020/2021. Dikenal memiliki sikap yang gigih serta displin menjadikannya pemegang kunci rumah kami, Sekre Avikom. Pemikirannya yang selalu lebih maju dan kritikannya yang membangun membuat kami percaya Bunga mampu menciptakan suasana yang lebih nyaman dikapal kami dalam kepengurusan tahun ini. Untuk mencapai tujuannya, tentu saja Bunga dibantu oleh teman sepemikirannya.

Berikut staff Divisi Kesekretariatan kepengurusan Avikom periode 2020/2021.

  • Staff bagian Inventaris               : Adilista Athaya Mumtaz
    Bertanggung jawab dalam hal perbaikan, perawatan, dan pembaharuan alat produksi dan non produksi.
  • Staff bagian Tata Ruang                        : Muhammad Dzaky Rafiandi
    Bertanggung jawab untuk membuat Sekre Avikom lebih indah dan membuat anggota aktif menjadi nyaman.
  • Staff bagian Administrasi, Persewaan Dan Peminjaman : Theresa Anindha
    Bertanggung jawabmengatur segala keuangan kesekretariatan, serta mengatur jalannya kerja sama alat dengan pihak luar, mengatur jalur satu pintu keluar masuknya alat, baik dalam hal peminjaman maupun persewaan.

Itulah  jajaran rantai komando yang akan membantu mewujudkan kepengurusan  Avikom periode 2020/2021 yang dipimpin oleh Tulus Manalu.  “Bergegas tapi perlahan, bergerak cepat tapi cermat” menjadi kunci perjalanan kami.

Meski perlahan, kami tetap percaya banyak hal baik  menanti kami di depan. Dengan tetap menjunjung semangat Loyal, Total dan Konsisten, kami percaya kapal ini tak akan karam. Selamat mengarungi lautan dan semangat mengibarkan kembali bendera Avikom.

Tugas besar menanti, pilihan sudah ditetapkan, Hadapi bukan Berhenti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *