Rekomendasi Series Netflix: Mendalami Dunia Kriminal

Spread the love

Netflix and chill bukan merupakan ungkapan yang asing bagi kita pada saat ini. Netflix seakan sudah menjadi kebutuhan sekunder di kalangan anak muda. Sebagai platform entertainment, tentu saja Netflix sangat dicari untuk menonton berbagai macam jenis film dan TV series. Tontonan yang disuguhkan cenderung berbeda dari yang terdapat pada bioskop atau channel televisi lokal pada umumnya. Apalagi ditambah dengan aktifnya akun Netflix Indonesia di media sosial, semakin membuat platform ini semakin dikenal banyak orang.

Nah, tapi bagi kalian yang baru mulai membuat akun Netflix biasanya dilanda kebingungan. Apa kira-kira tontonan seru untuk dimulai dari platform ini?

Melalui artikel ini, penulis akan memberikan pandangan pribadi mengenairekomendasi TV series yang wajib untuk ditonton. Rekomendasi kali ini merupakan genre kriminal, mulai dari white collar crime sampai penyelundupan narkoba. Berikut daftarnya!

  • House of Cards (2013 – 2018)
Rating
iMDb 8.8/10 | Rotten Tomatoes 78% | Google 4.5/5

Melalui kisah Frank Underwood dan istrinya, Claire, kita diperlihatkan bagaimana kejahatan apapun bisa terjadi demi seseorang mendapatkan kekuasaannya di USA. Kita seakan diajak untuk memahami bagaimana dunia politik bekerja dan apa saja yang dikorbankan para pejabat publik demi mencapai tujuannya itu. Cara berpikir dan setiap aksi yang dilakukan oleh setiap tokohnya selalu tidak terduga. Melalui jalan ceritanya, kita juga dibuat untuk berpihak pada keserakahan yang dilakukan oleh Frank beserta istrinya.

  • Orange is The New Black (2013 – 2019)
Rating
iMDb 8.1/10 | Rotten Tomatoes 90% | Google 4.8/5

Mengangkat latar belakang utama penjara wanita, cerita-cerita yang dibawa series ini ternyata bukan hanya kejahatan semata.  Apa yang juga menjadi highlight cerita ini adalah bagaimana masa lalu atau kejahatan masing-masing tahanan dalam penjara tersebut, yang tentu saja wanita semua. Series yang memiliki 6 seasons ini semakin menarik karena selain dikemas dalam unsur drama, juga dalam bentuk komedi. Selain itu, kita juga diperlihatkan banyak prespektif terutama bagaimana ketidakadilan yang terjadi di Amerika.

  • Money Heist (2017 – sekarang)
Rating
iMDb 8.5/10 | Rotten Tomatoes 100% | Google 4.9/5

Series yang mempunyai nama lain La Casa De Papel ini berasal dari Spanyol. Dengan total masih 2 seasons dan akan terus dilanjutkan, series ini mengkisahkan tentang gerombolan perampok yang berusaha menjalankan rencana mereka untuk melakukan pencurian uang terbesar dalam sejarah. Seiring cerita berjalan, kita diperlihatkan bagaimana latar belakang dan persiapan mereka untuk menjalankan rencana itu dengan lancar. Kita juga dihadapi dengan kenyataan bagaimana tegangnya konflik yang terjadi selama pencurian itu berlangsung.

  • You (2018 – sekarang)
Rating
iMDb 7.8/10 | Rotten Tomatoes 91% | Google 4.6/5

Untuk series satu ini, kejahatan yang dibawa cukup berbeda dari sebelumnya. Melalui You kita diajak mengenal Joe, seorang manager toko buku, yang ternyata merupakan psikopat. Berawal dari dirinya yang menyukai seorang perempuan, Joe semakin lama semakin menunjukkan perilaku anehnya. Seperti stalking yang berlebihan bahkan sampai membunuh orang terdekat perempuan tersebut. Melalui perbuatan-perbuatan Joe, kita seakan bisa memahami bagaimana pikiran seorang psikopat berjalan. Series ini baru saja rilis season keduanya pada bulan Desember 2019 lalu.

  • Narcos (2015 – 2017)
Rating
iMDb 8.8/10 | Rotten Tomatoes 89% | Google 4.7/5

Pablo Escobar merupakan nama yang cukup melegenda dalam sejarah kriminal. Ia merupakan seorang pengedar narkoba asal Kolombia dan terkuat pada tahun 1980 sampai awal 1990an. Secara garis besar, series Narcos ini menceritakan perjalanan Pablo Escobar itu. Kita seakan dibuat lebih mengenal bagaimana bisnis narkoba di dunia bisa berjalan. Dari perjuangan Escobar  dan pengedar lainnya untuk membangun karir mereka hingga akhirnya barang mereka tersebut bisa mendunia. Meskipun series ini hanya berjumlah tiga season, tetapi Netflix juga mengeluarkan series lanjutannya dalam Narcos: Mexico. Jalan cerita series ini dijamin akan membuat penontonnya menjadi adiksi layaknya memakai narkoba sungguhan!

(rekomendasi ini ditulis oleh Annisa Finnuala Aprilia, yang merupakan anggota aktif AVIKOM.)

Leave a Reply