AVTUR : TUTORIAL EDITING DAY FOR NIGHT

Spread the love

Beragam cara serta kemudahan yang dapat dilakukan pada proses post produksi idealnya dapat memangkas pengeluaran dan estimasi waktu dalam produksi sebuah film. Seperti halnya pada teknik editing “Day For Night” kali ini, yang dapat memangkas pengeluaran dalam produksi yang dapat mengurangi penggunaan lampu untuk mencipkatan suasana di malam hari.

            Teknik editing day for night merupakan teknik untuk mengubah mood pada video dari day atau siang hari ke night atau malam hari. Sehingga dalam proses pengambilan gambar tidak perlu menunggu hingga malam hari dan mempersiapkan banyak lampu sebagai penunjang untuk menghasilkan video yang baik. Melalui AVTUR (Avikom Tutorial) yang ditulis pada artikel ini, akan dibahas mengenai teknik editing day for night, Let’s check it now!

  • Pertama siapkan file project Adobe Premiere Pro yang akan di edit menjadi day for night .
  • Setelah itu buatlah adjustment layer dengan cara pilih pada workspace Adobe Premiere Pro  “Project Panel”, kemudian pilih “New” yang berada di bawah kanan, dan pilih menu “Adjustment Layer”. Lalu tarik ke timeline diatas layer video project Adobe Premiere Pro yang akan dibuat day for night.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Lumetri Color untuk memulai grading warna, untuk memunculkan menu ini pilih “Window” pada menu bar, lalu pilih “Lumetri Color”. Kemudian kita masuk pada tahapan proses grading warna di menu Basic Corection. Kita atur sesuai dengan logika cahaya di malam hari.
  • Untuk pengaturan color adjustment tergantung pada gelap terangnya video yang direkam, beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam Teknik editing ini adalah Temperature, Exposure, Contrast, Highight, dan Shadow karena mempengaruhi ketajaman dan gelap terangnya suatu objek. Pada editing kali ini pengaturan color adjustment dapat kalian lihat dibawah.
  • Tidak hanya Basic Corection yang digunakan, pada beberapa kondisi, kalian dapat menggunakan menu “Curves” maupun “Color Wheels & Match” dengan cara mengkombinasikan sesuai dengan kebutuhan video.
  • Untuk finishing kalian dapat menggunakan efek “Amount” yang dapat kalian gunakan melalui menu Vignette untuk menambah efek gelap pada masing ujung frame.
  • Jika dirasa cukup, jangan lupa untuk selalu save hasil project kalian dan kemudian rendering project Adobe Premiere Pro untuk mengetahui hasil edit day for night.

Tidak hanya pada proses editing saja teknik day for night ini dapat dilakukan, namun pada saat pengambilan gambar juga dapat memperhatikan hal-hal berikut agar gambar yang direkam dapat lebih mudah untuk di edit menjadi teknik day for night.

  1. Pada saat pengambilan gambar, sebisa mungkin untuk menggunakan cahaya pagi hari ataupun sore hari, dimana jatuhnya bayangan pada objek tidak terlalu keras. Bila tetap ingin mengambil gambar di siang hari maka dapat menggunakan grip tambahan seperti Sunbounce Butterfly Shield yang bisa kalian buat sendiri dan telah tersedia pada artikel AVTUR di website ini. Tips lainya adalah menunggu awan menutupi matahari agar tidak ada bayangan ataupun pada saat mendung
  2. Sebisa mungkin untuk mengambil gambar dengan keadaan still atau diam, hal ini akan mempermudah teknik editing dalam mentracking gambar untuk dijadikan malam hari, jika kalian tetap ingin mengambil gambar dengan type shot lainnya, kurangi jumlah gerakan (Follow, Voice Over, dll) dan gunakan Gimbal Stabilizer untuk menghasilkan gambar yang smooth dan tidak guncang.
  3. Dan tips terakhir pada saat memasuki editing adalah menambahkan particle light pada lampu-lampu sehingga kesan untuk suasana di malam hari dapat lebih terasa.

Ini dia perbandingan sebelum dan sesudah efek editing day for night,

Cukup sekian AVTUR mengenai teknik editing day for night kali ini, untuk hasil editing day for night dapat kalian saksikan pada Channel Youtube Avikom. Jangan lupa untuk mencoba dan berikan tanggapanmu dan hasil kalian pada kolom komentar di bawah, nantikan tutorial-turorial lainnya yang dapat kalian lihat pada website dibawah ini, see ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *