AVTUR : TUTORIAL CARA MEMBUAT “LAMPU KINOFLO”

Spread the love

Pencahayaan pada produksi film sangat penting terutama dalam hal membangun mood suasana cerita. Disisi lain aspek lainnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana menerangi frame sesuai konsep cahaya yang sudah direncanakan sebelumnya. Dalam pencahayaan itu sendiri setidaknya terdapat beberapa jenis lampu yang biasa digunakan, untuk lampu yang sering digunakan pada produksi film di Avikom sendiri diantaranya adalah lampu Kinoflo.

Lampu Kinoflo merupakan lampu berjenis daylight yang memiliki cahaya putih dengan intensitas cahaya yang terang dan memiliki karakteristik cahaya yang menyebar dan soft. Lampu ini terdiri dari empat buah lampu dan memiliki settingan untuk menghidupkan dan mengatur intensitas cahaya. Untuk membahas itu, memalui AVTUR (Avikom Tutorial) ini akan membahas mengenai proses pembuatan lampu Kinoflo yang dapat dibuat sendiri, yuk simak proses pembuatannya!

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Impraboard 5mm
  2. Lampu Neon Hinomaru 4 buah
  3. Terminal Listrik 1 buah
  4. Kabel Kaku dan Tebal
  5. Saklar 2 buah
  6. Wadah Saklar
  7. Steker 1 buah
  8. Mur dan Baut
  9. Kayu Panjang
  10. Rangkaian Besi bentuk U
  11. Karet Ban
  12. Lem Aica-Aibon
  13. Engsel Pintu
  14. Kawat

Alat yang digunakan :

  1. Cutter
  2. Meteran
  3. Penggaris
  4. Gunting
  5. Obeng
  6. Bor Listrik
  7. Tang

Proses Pembuatan :

Step 1 : Membuat Dasaran Kinoflo

  1. Proses pertama yang dilakukan adalah membuat dasaran untuk lampu dan bandors sebagai penutup lampu, ukurlah papan impraboard sesuai dengan pola yang sudah ditentukan menggunakan meteran, pada kali ini kinofo yang dibuat berukuran (130 x 20 x 5 cm).
  2. Kemudian potong papan impraboard menggunakan cutter, pada landasan lampu ini menggunakan tiga lapis agar dasaran lebih kuat dan awet.
  3. Pada dasaran lampu, lem menggunakan lem aica aibon secara berlapis ketiga papan impraboard yang sudah dipotong, tunggu hingga mengering dan merekat.
  4. Untuk bandorsnya menggunakan satu lapis papan impraboard dengan ukuran potongan pertama (A) (130 x 5 cm) dan ukuran potongan kedua (B) (130 x 10 cm) masing-masing dua buah, lalu potong sesuai pola.
  5. Kemudian pasanglah masing-masing dua engsel pintu serta mur baut pada pinggiran sisi papan impraboard A dan B untuk menghubungkan antara potongan pertama (A), potongan kedua (B), dan dasaran lampu.
  6. Agar bandors dapat dibuka tutup dengan kaku sesuai dengan keinginan, pasanglah kawat sejumlah 2 buah dengan panjang (40 cm) pada sambungan potongan A, dasaran lampu, dan potongan B di papan impraboard.
  7. Dan dasaran untuk lampu Kinoflo sudah jadi.

Step 2 : Merangkai Lampu Kinoflo

  1. Siapkan empat buah lampu Kinoflo, kemudian pasanglah terminal kabel ke masing-masing ujung fitting lampu Kinoflo, lakukan pada lampu Kinoflo lainnya.
  2. Kemudian siapkan kabel kaku sebagai penyambung antar lampu Kinoflo, kupas ujung kabel menggunakan tang, lalu sambungkan dari salah satu ujung terminal fitting lampu ke ujung fitting lampu Kinoflo lainnya. Lakukan juga pada ujung lampu Kino sebaliknya. (lihat blue print dibawah untuk mengetahui lebih jelas!)
  3. Siapkan kabel yang cukup tebal dan terdapat empat kabel kecil didalamnya, kemudian kupas masing-masing kabel, dan pasang pada ujung fitting lampu Kinoflo yang belum dirangkai, kabel ini berguna sebagai penghantar listrik agar lampu Kinoflo dapat menyala.

Step 3 : Merangkai Saklar

  1. Siapkan dua buah saklar dan wadah untuk saklar, kemudian rangkai kabel dengan saklar sesuai blueprint yang sudah tersedia di bawah, pastikan kabel terpasang dengan kuat dan tidak menyentuh kabel lainnya. Kemudian tutup kembali wadah saklar dengan rapat.
  2. Jangan lupa untuk menyambungkan antara kabel yang sudah terpasang pada saklar dengan steker lampu agar bisa di colokka ke sumber listrik.

Step 4 : Merangkai Menjadi Satu

  1. Jika semua step diatas sudah dilakukan, tibalah pada step terakhir yakni merangkai menjadi satu, langkah pertama siapkan papan impraboard yang sudah dirangkai. Kemudian pasanglah kayu panjang berukuran (120 cm) sebagai landasan belakang menggunakan mur dan baut.
  2. Kemudian lubangi tengah papan impraboard menggunakan bor listrik hingga tembus pada kayu, lubang ini digunakan sebagai jalur kabel lampu Kinoflo.
  3. Jika sudah lem dua buah ujung lampu dengan karet ban mengelilingi lampu Kinoflo, jangan lupa untuk melakukan pada lampu lainnya, kemudian pasangkan pada papan impraboard sebagai dasaran lampu Kinoflo dengan memasang baut pada karet ban tersebut, dan lampu Kinoflo sudah terpasang dengan rapi dan aman pada dasaran Kinoflo.
  4. Langkah terakhir pasangkan besi berbentuk U pada belakang dasaran lampu Kinoflo menggunakan baut, kemudian pasangkan juga baut panjang sebagai mounting ketika dipasang pada C-Stand.
  5. Dan lampu Kinoflo siap dipakai.

Berikut adalah lampu Kinoflo yang berhasil dibuat,

Link Download Blueprint Lampu Kinoflo
( http://bit.ly/BlueprintLampuKinoflo )

Lampu ini terdiri dari dua saklar sehingga lampu yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan, selain itu lampu ini membutuhkan daya yang tidak terlalu besar serta ringan dan efisien untuk dibawa dan disimpan. Meskipun memiliki ukuran dan berat yang lebih kecil dari ukuran lampu Kinoflo aslinya, lampu ini dalam penggunaannya disarankan menggunakan C-Stand sebagai standart dalam penggunaan lampu besar.

Bagaimana proses pembuatan lampu Kinoflo ini? Masih ragu dan bingung? Jangan lupa untuk menuliskan kritikan atau pertanyaan kalian pada kolom komentar dibawah. Nantikan juga hasil riset lainnya yang ditulis pada artikel AVTUR (Avikom Tutorial) yang dapat kalian lihat di website ini, goodbye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *