AVTUR : TUTORIAL MEMBUAT “SUNBOUNCE BUTTERFLY SHIELD”

Spread the love

Pencahayaan dalam ruangan maupun luar ruangan memiliki keunggulan dan kekurangannya masng-masing. Pencahayaan dalam ruangan untuk sebuah karya film biasanya menggunakan lampu tambahan untuk menghasilkan cahaya yang sesuai dengan konsep yang diinginkan. Tidak hanya di dalam ruangan saja, dalam pengambilan gambar di luar ruangan pun memerlukan teknis yang mumpuni untuk mendapatkan gambar yang baik. Karena berhubungan langsung dengan sinar matahari, terkadang gambar yang dihasilkan akan terdapat cahaya yang terang dan keras atau yang biasa dikenal dengan over exposure maupun flare, hal ini mengakibatkan gambar yang dihasilkan kurang bagus.

Untuk mengatasi hal tersebut, dalam Avikom Tutorial (AVTUR) kali ini akan membahas mengenai alat Sunbounce Butterfly Shield yang berhasil diteliti dan dibuat oleh Sub Divisi Litbang yang merupakan alat dalam pencahayaan untuk membiaskan sinar matahari yang terlalu keras pada objek sehingga objek dalam frame akan bersifat soft.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Kain Parasit Peles (6 meter)
  2. Mur dan Baut (4 buah)
  3. Pipa Besi Hitam 3/4 x 1,5 mm (12 meter)
  4. Besi Beton Tulangan 10 mm A (48 cm)

Alat yang digunakan :

  1. Alat Pemotong Besi
  2. Mesin Las
  3. Cat Besi Hitam
  4. Kuas Cat
  5. Gunting
  6. Mesin Jahit

Proses Pembuatan :

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, untuk langkah pertama adalah membuat kerangka menggunakan besi.
  2. Selanjutnya, potong pipa besi dengan ukuran masing-masing 3 meter sebanyak 4 buah, lalu potong besi yang lebih kecil diameternya dengan ukuran 10 cm sebanyak 4 buah sebagai dasar untuk sambungan masing-masing kerangka, kemudian las sehingga membentuk bentuk L.
  3. Lubangi besi pipa untuk tempat mur sejauh 7 cm dari masing-masing ujung pipa, lalu las dan pasang baut kedalam mur yang sudah di las.
  4. Untuk finishing, cat kerangka Sunbounce Butterfly Shield dengan warna hitam secara menyeluruh, dan tunggu hingga kering sempurna.
  5. Untuk bagian kain butterfly, potong kain peles masing-masing 3 meter, lalu jahit menjadi satu sehingga ukuran kain menjadi 3×3 meter
  6. Untuk pengait antara kain dengan kerangka, jahit kain menjadi seperti tali sebanyak 12 buah, lalu jahit pada masing-masing sisinya 4 buah.

Langkah terakhir, rangkai kerangka dan kain yang sudah dijahit menjadi satu, dan Sunbounce Butterfly Shield siap digunakan.

Ini dia hasil Sunbounce Butterfly Shield yang sudah dibuat!

Sunbounce Butterfly Shield ini memiliki ukuran yang besar, sehingga perlu menggunakan alat grip tambahan agar alat ini dapat digunakan secara maksimal. Itu dulu tutorial mengenai Sunbounce Butterfly Shieldkali ini, jika ada kritikan atau masukan jangan lupa untuk menulis di kolom komentar, masih ada tutorial menarik lainnya yang dapat kalian dapat di website ini, so stay tune!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *