AVTUR : TUTORIAL MEMBUAT FRAME FILTER

Spread the love

Jobdesk pencahayaan merupakan salah satu departemen yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam sebuah karya di bidang audio visual. Tidak hanya mengenai lampu, alat-alat penunjang lampu itu sendiri juga harus diperhatikan untuk dapat membuat konsep pencahayaan yang diinginkan.

Frame filter merupakan sebuah alat tambahan yang digunakan dalam departemen pencahayaan dengan bentuk frame kotak dan menggunakan filter sebagai alat pembias cahaya yang datang. Pada kesempatan kali ini, Avikom Tutorial (AVTUR) akan membahas tutorial untuk membuat frame filter dengan mudah, yuk simak tutorialnya dengan baik!

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Kain Parasit Peles (1 x 1 meter)
  2. Besi Hollow Stall Kotak 15/15 x 1,3 mm (4 meter)
  3. Kain Perekat Velcro Hitam
  4. Besi Beton Tulangan 7 mm A (50 cm)

Alat yang digunakan :

  1. Alat Pemotong Besi
  2. Mesin Las
  3. Cat Besi Hitam
  4. Kuas Cat
  5. Gunting
  6. Mesin Jahit

Proses Pembuatan :

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat frame filter.
  2. Langkah selanjutnya adalah memotong besi hollow stall kotak sesuai dengan pola (pada tutorial kali ini kita membuat frame filter dengan ukuran 1 meter) sebanyak 4 buah, lalu las potongan besi hollow menjadi satu berbentuk kotak.
  3. Potong besi beton tulangan menggunakan alat pemotong besi sesuai pola, lalu las potongan besi agar menempel satu sama lain.
  4. Satukan kerangka antara besi hollow kotak dengan besi beton tulangan yang sudah dibuat tadi menjadi satu, kerangka untuk frame pun sudah jadi.
  5. Untuk menghasilkan kerangka yang rapi dan tahan lama, cat kerangka frame filter dengan cat besi warna hitam secara menyeluruh, dan tunggu hingga kering sempurna.
  6. Untuk membuat framenya agar menjadi utuh, potong kain parasit peles dengan ukuran 1×1 meter dengan gunting, dan jangan lupa untuk menyisakan sedikit bagian agar bisa diempel menggunakan kain vecro ke kerangka frame filter.
  7. Kemudian jahit bisban pinggir kain peles dengan ukuran 1×1 meter, lalu jahit kain velcro di ke empat sisi kain sebagai perakat untuk menyambungkan ke frame filter.
  8. Terakhir, pasang kain yang sudah dijahit ke kerangka frame filter yang sudah di cat, dan frame filter siap digunakan.

Dan ini dia hasil frame filter yang sudah jadi,

Dalam penggunaannya,  frame filter ini biasa dipasang dengan C-Stand yang memiliki rangka yang kokoh karena frame filter ini berukuran cukup besar. Nah itu dia tutorial pembuatan frame filter kali ini, Nantikan tutorial-tutorial lainnya yang bisa kalian dapatkan di website ini, so stay tune!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *