AVTUR : TUTORIAL MEMBUAT “CUTTER FLAG LIGHT”

Spread the love

Cahaya pada sebuah lampu saat produksi film dapat disesuaikan oleh lighting man sesuai dengan konsep yang telah direncanakan bersama gaffer sebelumnya. Penyesuaian cahaya yang dimaksud dapat berupa pengaturan intensitas cahaya, pengaturan arah dan penempatan cahaya, serta pemotongan pada cahaya.

Cutter flag light adalah salah satu alat dalam jobdesk cinematograpy khususnya departemen lighting yang berfungsi sebagai alat pemotong cahaya sesuai dengan kebutuhan cahaya dalam frame. Melalui Avikom Tutorial (AVTUR) ini akan dibahas seputar tutorial hasil riset yang sudah berhasil dibuat. Dan pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat cutter flag light dengan mudah, Let’s check it out!

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Kain Puma (2 x 2 meter)
  2. Besi Beton Tulangan 7 mm A (5 meter)
  3. Kain Perekat Velcro Hitam

Alat yang digunakan :

  1. Alat Pemotong Besi
  2. Mesin Las
  3. Cat Besi Hitam
  4. Kuas Cat
  5. Gunting
  6. Mesin Jahit

Proses Pembuatan :

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan semua alat dan bahan.
  2. Kemudian potong besi beton tulangan sesuai dengan pola (ukuran 45 x 75 cm dan 35 x 65 cm) dengan menggunakan alat pemotong besi, jika sudah lanjut pada pengelasan potongan tersebut menjadi satu.
  3. Jika potongan besi sudah menjadi satu, lanjut pada pengecatan warna hitam pada kerangka secara menyeluruh, pastikan seluruh sisi besi tertutupi dan kemudian tunggu hingga kering sempurna.
  4. Siapkan kain puma dengan ukuran (2 x 2 meter) dan ukur kain sesuai dengan masing-masing kerangka. Jika sudah potong kain dengan gunting lalu jahit kain puma membentuk sarung dengan bagian hitam di posisi luar, dan pasang ke dalam kerangka cutter light.
  5. Sebagai perekat antara kain dengan besi, gunakan kain velcro di bagian ujung sisi kain, jahit dan sesuaikan dengan frame besi, dan cutter flag light siap digunakan.

Berikut adalah hasil jadi Cutter Flag Light :

Mirip seperti frame filter, dalam penggunaannya di produksi film cutter flag light ini dipasang dengan C-Stand. Itu dulu tutorial dalam pembuatan cutter flag light kali ini, jika ada pertanyaan atau kritikan, kalian bisa langsung berikan komentar di bawah. Nantikan tutorial-tutorial lainnya yang bisa kalian dapatkan di website ini, so stay tune and goodbye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *