Our Daily Activity

Spread the love

Beberapa pertanyaan kerap kami dapatkan, mengenai kesibukan dan kegiatan sheari-hari yang seakan tidak ada habisnya. Avikom sebagai organisasi yang bergerak di bidang audio visual  dan berasas kekeluargaan, harus terus bergerak dan berjalan di tengah laju gulir peradaban. Selain rutin memproduksi bermacam-macam karya audio visual, tulisan, dan  kreatifitas lainnya, kami juga melakukan kegiatan menarik yang beragam setiap harinya. Setiap kegiatan memiliki tujuannya masing-masing. Diantaranya; untuk mendekatkan anggota aktif Avikom, untuk menambah relasi, meningkatkan kualitas dan kemampuan tiap individu, serta banyak hal lainnya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang kami lakukan:

  • Avisail

Avisail adalah salah satu Program Kerja Divisi Hubungan Masyarakat yang dibuat untuk melepas lelah para anggota aktif setelah sibuk berkegiatan. Kami bersama-sama berangkat dengan bekal secukupnya dan semangat sepenuhnya. Berkegiatan di pantai nyatanya dapat menghilangkan penat dan dirasa salah satu kegiatan yang tepat untuk mendekatkan para anggota aktif Avikom.

  • Avisport

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kira-kira begitulah kalimat yang seringkali kita dengar. Dalam rangka mencapai kesehatan jiwa dan raga, Avikom mengadakan Avisport yang ditujukan untuk anggota aktif dan alumni Avikom. Futsal menjadi pilihan karena 70% dari kami mencintai olahraga tersebut. Beberapa kali kasti juga diadakan di lapangan kampus untuk melatih ketangkasan dan menuai keceriaan para anggota aktif.

  • Avikom Menonton

Avikom Menonton diadakan untuk mengapresiasi karya-karya yang telah dibuat oleh sineas-sineas serta mengasah kemampuan para anggota aktif untuk berdiskusi setelahnya. Avikom Menonton kerap kali digelar di Sekretariat Avikom dan setelahnya kami akan bersama-sama menyampaikan tanggapan mengenai film-film yang telah ditayangkan. Avikom Menonton adalah salah satu Program Kerja Divisi Karya Avikom yang ditujukan untuk internal Avikom.

  • Avikom GTC (Goes to Cinema)

GTC, salah satu Program Kerja Divisi Karya berlangsung atas keinginan para anggota aktif untuk bersama-sama menyaksikan film yang sedang tayang di Bioskop. Film yang dinilai menarik akan dipilih dan kemudian disaksikan bersama-sama. Tentu saja apresiasi dan keinginan belajar menjadi landasan utama acara ini.

  • Pelatihan Litbang

Meningkatkan kualitas para anggota aktif menjadi salah satu tugas Divisi Penelitian dan Pengembangan. Adanya sub-divisi pelatihan umum dan pelatihan khusus tentu tanpa alasan. Selain pelatihan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Lanjut, Litbang juga beberapa kali mengadakan pelatihan dalam rangka mengasah kemampuan Audio Visual anggota Avikom. Tentor-tentor yang ahli di bidangnya didatangkan untuk dapat menyampaikan ilmunya.

  • Tembako (Temu Bareng Komunitas)

Banyaknya Komunitas pegiat dan pecinta film di Yogyakarta, membuat kami mengadakan Temu Bareng Komunitas yang pada praktiknya berisi kegiatan menonton film dari kedua komunitas dan perbincangan mengenai masing-masing komunitas. Temu Bareng Komunitas tidak diadakan secarabersamaan dengan banyak komunitas, namun Avikom dengan satu komunitas kampus lain. Setiap Tembako berfokus pada satu komunitas dan pada tembako selanjutnya dengan komunitas yang lain secara bergiliran.

  • ALT (Avikom Layar Tancap)

Avikom Layar Tancap merupakan kegiatan Avikom yang mengundang khalayak umum, mengajak semua untuk mengapresiasi film-film pendek indonesia. Kami biasanya menghadirkan narasumber (sutradara atau produser) yang kemudian akan menjawab rasa penasaran penonton setelah film ditayangkan. ALT biasa diadakan di sekitar kampus dengan konsep open space. Penonton bebas menikmati film yang ditayangkan pada giant screen yang tersedia.

Di atas adalah beberapa kegiatan yang rutin kami lakukan, walau belum semua dapat dituliskan, diharap tulisan ini dapat menghilangkan rasa penasaran dan menambah pengetahuan. Masih banyak yang kami lakukan, selalu ikuti kegiatan kami di Instagram dan twitter @avikomupnvyk . Terimakasih telah membaca dan mengapresiasi tulisan di www.avikomfilm.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *