Film Film Untuk Merayakan Hari Ayah

Spread the love

12 November menjadi peringatan Hari Ayah Sedunia, hari yang sepatutnya dirayakan. Perayaan bukan berarti harus sebuah pesta; ucapan terimakasih, panjatan doa terbaik, dan pemberian tanda kasih sayang. Ayah menjadi sosok yang tak pernah lelah untuk selalu menjadi benteng pertahanan keluarga, mengayomi dan melindungi. Terkadang Ayah memang tak seterang ibu dalam menunjukan kasih sayang kepada keluarganya, namun Ayah melakukan banyak aksi untuk mewujudkannya.

Banyak film yang mengangkat cerita tentang Ayah, mencoba menunjukkan sisi lain dari Ayah yang sering kita abaikan. Berikut 5 di antaranya:

  • Miracle in Cell No 7 ( 2013)
(sumber : imdb.com)

Miracle in Cell merupakan film melodrama Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Lee Hwan Kyung. Film ini menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa, dengan mengangkat cerita mengenai perjuangan seorang Ayah untuk Anak tunggal perempuannya. Yesung (6) merupakan anak perempuan yang hanya dirawat oleh ayahnya Lee Yong Gu yang memiliki keterbelakangan mental. Yesung sangat menyukai segala hal tentang Sailor moon dan mendambakan memiliki tas yang bergambar sailor moon. Ayah selalu menjanjikan Yesung akan membelikan tas yang diidam-idamkan. Namun, ketika Ayah akan membelinya ta situ sudah tidak ada dan dibeli oleh anak lain. Hingga suatu hal terjadi ketika anak yang membeli tas meninggal ketika sedang Bersama ayah dan ayah dituduh membunuhnya. Akhirnya ayah dipenjara di cell no. 7 dan Ye Sung dikirim ke panti asuhan. Impian terbesar Ayah ketika berada di sel hanyanyal bertemu dengan Ye Sung, hingga teman-teman ayah membantu membawa Ye Sung ke dalam penjara namun hal tersebut diketahui petugas. Ayah tidak melakukan semua hal yang dituduhkan padanya namun karena tekanan dan ancaman akhirnya ayah harus mengakui bahwa iya yang membunuh anak pembawa tas sailor moon itu demi menyelamatnya Yesung dari ancaman. Ayah akhirnya di eksekusi mati, dan setelah Yesung dewasa ia mengajukan banding untuk membersihkan nama ayahnya. Film yang berdurasi kurang lebih 2 jam ini berhasil untuk menngoyak hati penontonnya dengan menguatkan tokoh ayah dalam cerita.

  • Searching
(sumber : imdb.com)

Dalam film Searching ini menceritakan seorang ayah David Kim (John Cho) yang mencari puterinya Margot (Michelle La). Margot merupakan gadis remaja yang tida-tiba menghilang keberadaannya, David yang panik dan tidak sabar menunggu pencarian selama 37 jam setelah melaporkan ke pihak berwajib akhirnya David mencari tahu sendiri kemana puterinya berada dengan menelepon semua teman-temannya dan mencari petunjuk dari rekaman percakapan yang tersimpan di laptop Margot.

Film karya Aneesh Chaganty yang dirilis pada Agustus 2018 ini menarik banyak perhatian penonton dengan menyajikan cerita tentang kasih saying seorang ayah kepada puterinya namun dikemas dengan genre misteri-thiller. Film Searching mendapat penghargaan Alferd P. Sloan Prize 2018.

Aneesh dalam filmnya memperkuat tokoh ayah yang posesif dan sangat menyayangi puterinya dan menjadi sangat putus asa ketika mengetahui puterinya hilang. Film searching memiliki pesan yang besar dimana seharusnya setiap orang tua harus mengawasi anaknya yang masih usia remaja yang rentan. Mengawasi didunia nyata maupun didunia maya, karena kemajuan teknologi dan penggunaan sosial media membuat semua orang terlena dan bahkan bisa mengancam keselamatan anak-anak mereka.

  • Pursuit of Happyness (2006)
(sumber : imdb.com)

Pursuit of Happyness merupakan sebuah film karya Gabriele Muccino yang diangkat dari kisah nyata seorang ayah bermana Chris Garden (Will Smith), seorang pria yang pintar dan berbakat. Namun sayang nasibnya tidak seberuntung itu, ia hanya mndapatkan pekerjaan sebagai seorang sales. Istri Chris (Thandie Newton) yang tidak kuat hidup menderita terus-menerus akhirnya meninggalkan Chris dan anak laki-laki yang masih berusia 5 tahun yaitu Christopher (Jaden Smith). Chris harus tetap hidup untuk menghidupi anak laki-laki satu-satunya yang ia miliki, Chris semakin giat mencari pekerjaan kesana kemari. Namun, keberuntungan seakan tak pernah hadir untuk dirinya, hingga mereka terusir dari apartemen kecil yang selama ini menjadi tempat tinggal. Chris dan Christopher harus hidup terluntang lantung, tinggal di terminal bus, tempat pengungsian bahkan kamar mandi. Chris tak pernah pantang menyerah untuk bekerja karena rasa kasih sayangnya yang besar untuk Christopher. Christopher menjadi satu-satunya penyemangat Chris untuk tetap kuat dan bangkit dari keterpurukan.HopeSo-Won merupakan seorang gadis cantik yang tinggal bersama kedua orang tua yang sibuk, So Won sudah terbiasa mengerjakan semuanya sendiri. Suatu hari ia pergi berangkat sekolah ketika hari sedang hujan dan ia bertemu seorang lelaki paruh baya yang jahat. Lelaki paruh baya itu membewa So-Won dan menyakitinya hingga ia terluka parah. So Won akhirnya memiliki cacat fisik dan psikis. So Won tidak mau bersentuhan dengan lelaki meskipun itu adalah ayahnya sendiri. Lalu ayahnya memiliki ide untuk bisa berbicara dan bertemu dengan So Won, yaitu ayah selalu menggunakan kostum badut kesukaan So-Won dan mengawasi So Won dimanapun So Won Berada. Fillm karya Lee Joon Ik yang satu ini berhasil membuat hati penonton terombang-ambing, dengan menampilkan cerita seorang So-Won yang kuat atas apa yang diterimanya dan sosok ayah yang berusaha selalu ada untuk anaknya.

  • Hope
(sumber : imdb.com)

So-Won merupakan seorang gadis cantik yang tinggal bersama kedua orang tua yang sibuk, So Won sudah terbiasa mengerjakan semuanya sendiri. Suatu hari ia pergi berangkat sekolah ketika hari sedang hujan dan ia bertemu seorang lelaki paruh baya yang jahat. Lelaki paruh baya itu membewa So-Won dan menyakitinya hingga ia terluka parah. So Won akhirnya memiliki cacat fisik dan psikis. So Won tidak mau bersentuhan dengan lelaki meskipun itu adalah ayahnya sendiri. Lalu ayahnya memiliki ide untuk bisa berbicara dan bertemu dengan So Won, yaitu ayah selalu menggunakan kostum badut kesukaan So-Won dan mengawasi So Won dimanapun So Won Berada. Fillm karya Lee Joon Ik yang satu ini berhasil membuat hati penonton terombang-ambing, dengan menampilkan cerita seorang So-Won yang kuat atas apa yang diterimanya dan sosok ayah yang berusaha selalu ada untuk anaknya.

  • Sabtu Bersama Bapak
(sumber : imdb.com)

Sabtu Bersama Bapak, film Indonesia yang satu ini sempat booming pada tahun 2016 karena memiliki cerita yang mengharukan dan mengingatkan kita semua tentang sosok ayah. Hari minggu merupakan hari yang spesial bagi anak-anak termasuk Satya dan Saka karena bisa menikmati waktu bersama keluarga seharian. Namun berbeda dengan Satya dan Saka dimana mereka hanya bisa duduk bersama ibu melihat video yang dikirim oleh bapak karena ia tidak bisa pulang ke rumah. Kesempatan bertemu menjadi hal yang langka, padahal Bapak sednag mengidap sakit keras dan tinggal menghitung waktu sebelum ia berpulang. Film ini mengajarkan banyak hal, tentang menjadi orang tua yang baik dan ank yang baik. Tentang bagaimana kita saling menyediakan waktu untuk keluarga. Film karya Monty Tiwa, berhasil menyadarkan bahwa waktu dan keberadaan sangat berarti adanya.

Film-film diatas mengingatkan kita bagaimana Ayah berusaha menjadi sosok kuat dan selalu memberikan kasih sayang kepada anaknya. Meskipun terkadang ia menyampaikan dengan yang tersirat, bukan tersurat. Nah sudah ada 5 rekomendasi film tentang Ayah nih, bisa langsung nonton bareng Ayah dan jangan lupa untuk mengucapkan selamat hari Ayah untuk Ayah-Ayah di seluruh dunia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *