Dominasi Film Animasi Jepang

Spread the love

Selain Korea, Jepang menjadi salah satu negara yang film dramanya banyak diminati di Indonesia. Alur ceritanya yang menarik serta aktor dan aktrisnya yang memiliki paras rupawan tak pelak menjadi magnet tersendiri bagi pemirsa di Indonesia.

Nah, di tahun 2017 ini banyak sekali bermunculan film Jepang terbaru yang ceritanya sangat menarik dan telah banyak diburu. Inilah list film Jepang terbaru yang sangat layak tonton di waktu yang senggang.

My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro) adalah sebuah film fantasi dua dimensi dengan karakter-karakter imajinatif khas Studio Ghibli yang cocok untuk ditonton oleh seluruh keluarga. Film ini diproduksi pada tahun 1988, sementara cerita dan skenarionya digarap oleh Hayao Miyazaki, sang sutradaranya sendiri.

Tidak peduli masa kanak-kanak telah lewat dari hidup kita, My Neighbor Totoro tetap menjadi tontonan yang menyenangkan bagi segala usia. Film ini akan membawa kita semua merasakan kembali indahnya masa kanak-kanak. Melalui film ini juga nama Hayao Miyazaki sebagai sutradara film animasi dan Studio Ghibli semakin dikenal oleh pecinta dan penikmat film di seluruh dunia.
Dari alur ceritanya, My Neighbor Totoro lebih ringan dan sederhana daripada Ponyo on the Cliff by the Sea . Menurut saya, karakter Mei mirip dengan Ponyo, selalu mengulang kata, keras kepala, polos dan lugu (mereka beda satu tahun, ‘kan?). Kehadiran nenek Kanta dan cucunya memberi warna pula pada film ini.

Nahh at last di film ini bakal banyak banget disisipkan nilai-nilai atau budaya yang Jepang bangett! Mulai dari gotong royong, budaya antre (menunggu), bagaimana seorang jepang mampu bekerja keras dan fokus terhadap suatu hal juga ikut ada didalamnya. Jadi buat temen-temen gak bakal nyesel deh nnton film fantasi garapan Miyazaki ini.

Tapi menurut kacamata anak-anak Film sendiri bagaimana yaa?

Lets check this out! Menurut Ayesha salah seorang penggiat Film yang juga pernah terbang ke Jepang dengan hasil karyanya mengaku Film My Neighbor Totoro ini syarat akan makna film yang jepang bangett!! “Kalo aku disuruh milih pasti akan milih film anime Jepang daripada serial Avengers milik Amerika” ujarnya. Hal ini dikarenakan semua film-film anime jepang memiliki ide cerita yang baik dan mempunyai makna yang mendalam.

Pada musim panas tahun ini, film anime menjadi salah satu genre yang patut diperhitungkan di Jepang. Sebab, film anime Kimi no Na Wa (Your Name) sukses menjadi film dengan pendapatan tertinggi tahun ini. Oleh karena itu, Koe no Katachi (A Silent Voice) garapan sutradara Naoko Yamada pun menyusul. Film ini digadang-gadang bikin penonton baper.

Kisah penuh makna dalam film anime A Silent Voice ini sendiri dihantarkan ke dalam benak dan hati penonton dalam gambar-gambar animasi yang tidak kalah indahnya dengan karya-karya Makoto Shinkai, dan musik yang mengalun di dalam adegan-adegannya pun di samping indah, juga semakin menguatkan kesan yang didapat dari dalam ceritanya. Meskipun di bagian awal film, ceritanya mungkin akan sedikit membingungkan bagi penonton yang tidak membaca manga-nya, namun ceritanya sendiri digulirkan dengan pace yang pas, sehingga lama kelamaan penonton akan terbawa masuk ke dalam ceritanya. A Silent Voice diangkat dari serial komik karya Yoshitoki Oima. Di Indonesia, komik tersebut diberi judul The Shape of Voice. Nah, versi filmnya digarap oleh studio Kyoto Animation. Film ini bergenre romance yang pasti bakal menarik pasar dari anak-anak muda Yogya!

Selain ide cerita yang unik, kesuksesan anime Jepang nggak lepas dari pemilihan seiyuu alias pengisi suara, khususnya seiyuu karakter utama cewek. Nah, karena karakter Shoko nggak banyak bicara, pengisi suara Saori Hayami pun disajikan mentah-mentah. Tapi, hal itu nggak mengurangi ekspektasi besar para penggemar yang menantikan film anime ini sejak komiknya tamat dua tahun lalu kok.

Eittts, ternyata ada fakta yang patut di apresiasi dari hadirnya Film ini temen-temen. Moxienotion juga bekerjasama dengan Yayasan Tunarungu Sehjira untuk menghadirkan para remaja penyandandang tuna rungu untuk bersama-sama ikut menikmati penayangan perdana film anime A Silent Voice ini. Yayasan yang telah berdiri sejak tahun 2001 tersebut didirikan oleh sekumpulan relawan yang memiliki hambatan pendengaran yang salah satu visinya adalah untuk menyediakan informasi seputar pendidikan dan lapangan kerja, serta mengupayakan kesetaraan bagi penyandang hambatan pendengaran.

Film anime A Silent Voice sendiri telah mulai ditayangkan untuk publik di berbagai jaringan bioskop di Indonesia mulai tanggal 3 Mei 2017 lalu.

Lalu bagaimana yaa pendapat kawan kita Yusuf Wicaksana sebagai penyuka Jepang dan segala karya seni jepang termasuk film Ini?

Dirinya mengaku film ini antiklimaks engdingnya membuat penonton berfikir apa dan ternyata hasilnya apa. “Dalam manga ada 3 nilai yang selalu diterapkan, antara permusuhan, perjuangan, dan kemenangan. Dan film Ini bener-bener mengeksekusi ketiganya dengan apik” ungkapnya.

Film merupakan salah satu cara dalam menyuarakan ide kreatif seseorang. Nah film-film diatas Ialah wujud betapa karya tak bisa membohongi masyarakatnya. Meskipun film jepang masih bersaing ketat dengan film-film barat lainnya, jepang mampu memberikan persembahan film anime nan apik. Sebagai saudara se rumpun Asia bukan berarti Indonesia tidak bisa mengejar ketertinggalan ini. Kita semua harap film-film indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Untuk saat ini kitalah pioner-pioner sebagai sineas muda yang memegang tombak perfilm-an kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *